expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 29 Maret 2015

Eco Park Cibinong

Suatu hari saya melihat postingan adek kelas saya di instagram. Dia bersepeda di Eco Park Cibinong. Whew..saya yang rajin melintasi rute Bogor - Jakarta malah nggak ngeh dengan lokasi yang satu ini. Dilandasi oleh rasa penasaran yang kelewat tinggi, jadilah saya mencari si Eco Park ini. Ternyata Eco Park ini 'tersembunyi' di dalam kompleks Cibinong Science Center LIPI.


Namesign-nya aja eco, dibikin dari batu-batu disusun


Cibinong Science Center yang biasa disebut LIPI Cibinong letaknya strategis, di tengah-tengah jalur dari Jakarta menuju Bogor, tepatnya di Jalan Raya Bogor Km. 46. Dari arah Jakarta atau Bogor via Jagorawi, ambil exit Citeureup-Cibinong. Bisa juga via exit Nanggewer. LIPI Cibinong berbentuk kompleks dan banyak pusat penelitian, diantaranya yang saya tahu adalah terdapat Badan Informasi Geospasial (BIG) yang dulu bernama Bakorsurtanal. 

Sebelum saya berhasil nemu taman ini. pas saya rehat di tepi jalan dan bertanya dengan mas-mas yang lagi lewat, dia nyeletuk 'Ooh.. mau ke bakor ya mas? Itu ada tulisan LIPI masuk aja sampe mentok nanti ketemu kok Danau Dora,' ujarnya. Bakor adalah singkatan dari bakorsurtanal. Nah, kalau yang Danau 'Dora' itu entahlah.. check it out

Dalam hati saya ngakak mulai dari gerbang. Sepanjang jalan, banyak main sign alias penunjuk jalan yang mengarahkan ke 'Ecology Park' alias Taman Ekologi. Oh my God, ada juga ternyata Eco Park di Bogor, wuahaha. Yang saya tahu Eco Park ada di Ancol (dan itu cuma lewat, belum pernah masuk). Eco Park Cibinong ini menurut saya lebih sepi - peaceful. Kebetulan saya juga rada malas kalo ke taman tapi suasananya berisik. Tempat ini juga cocok buat gelar tiker dan makan atau tidur siang, ahahaha. Banyak anak sekolah berpasangan lagi asik pacaran. Ada juga yang lagi pemotretan untuk pre-wedding.



Fontasi yang mengingatkan saya dengan papan nama tanaman di Kebun Raya Bogor

Simple but powerful

Menuju tengah danau

Danau 'Dora' yang sepintas mengingatkan saya pada kolam depan Cafe Dedaunan Kebun Raya Bogor. Bedanya, di sini nggak ada teratai gede-nya, hehe

Untuk ukuran, Eco Park ini tidak seluas Kebun Raya Bogor. Di sudut timur ada banyak pepohonan yang sengaja ditanam. Sementara areal rumput (lawn) ada di sisi barat persis dekat pintu masuk pengunjung. Danau 'Dora' di tengah taman ini menurut saya adalah focal point karena hampir semua pengunjung asyik duduk di tepi dek kayu memandang ke arah danau. Saat saya iseng bertanya kepada petugas keamanan, prtugasnya malah berkelakar saat saya bertanya kenapa namanya Danau Dora. "Wah Mas, nama Danau Dora mah pemberian nama dari warga sekitar aja. Yang saya tahu ini Danau Spongebob, tuh Patricknya," ujar si petugas seraya menunjuk petugas taman yang kebetulan tubuhnya agak gemuk (hedeuh... ). Untunglah di sini nggak ada Booth alias monyet-nya Dora, ahhaha..

Saya jadi teringat Garden by The Bay-nya Singapura..  Hey, di Eco Park ini juga nggak kalah indah lho, hehe (Mungkin kurang pemandangan gedung-gedung tinggi seperti di Singapura, ahaha). Oya untuk fasilitas hanya ada gazebo pemirsa. Lebih baik bawa bekal sendiri (ingat, jangan buang sampah sembarangan okeh). Bersih lho di sini, alhamdulilah pengunjungnya sadar, nggak pada buang sampah sembarangan.



Cantik

Ada banyak pepohonan buah di sini, yang pertama saya lihat karena tajuknya yang khas adalah pohon bisbul. Pohon ini banyak di parkiran Rektorat IPB jadi saya hapal banget, hehe. Ada juga rambutan, dan beberapa jenis tanaman hias lainnya. Kamu bisa liat ada beberapa jenis tanaman air, ada juga palem merah yang dulu merupakan tanaman elite jaman dulu. Pas saya datang, beberapa petugas baru beres memangkas rumput. Hmm.. cobalah hirup aroma rumput yang baru dipangkas! Mungkin tak seromantis aroma tanah basah kala hujan turun, tapi tak ada salahnya dicoba, hehe.


Asli, di sini saya pengen tidur, soalnya sepii dan semilir angin. Zzz..

Bisbul! Udah pernah nyobain belum? Coba deh :D

Dek
sketch up your mind in landscape!





3 komentar :

Delyanet mengatakan...

Kayaknya adem. nggak ada toiletnya ya Pram? hahaha~ nggak mungkin lah ya? *soalnya nggak disebutin sih*

Btw klo dari bogor bisa pake motor nggak? klo pake kendaraan umum, yg jurusan apa Pram?

Delyanet mengatakan...

oia, masuknya bayar nggak? *Mak Irit mode on* :D

Priambudi Putra mengatakan...

@mbak Yanet: pas saya datang lagi agak panas mbak karena cuaca panas banget dan kelembaban tinggi :D Kalo toilet mbak dari gerbang LIPI mampir ke mesjid yang ada di sisi kanan (selatan). Bayar parkir motor 2000 mbak, ahahaha. Kalo untuk jajanan agak terbatas saat weekdays. Kalo weekend ramai katanya. Selamat berkunjung, eheheh