expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 30 November 2014

Tembang Pusaka

sumber: www.javabossa.blogspot.com

Saya baru mengenal Bossanova Jawa (BJ) pada akhir 2011 lalu, ketika laptop lama saya rusak. Teman saya memperbaiki laptop saya serta memasukkan satu folder grup musik ini ke dalam drive D saya. Sekali mendengar, saya langsung menyukai musiknya. Akhirnya saya suka lagu tipe-tipe jazz seperti ini, hehe. Jujur saya enggan mendengar lagu jazz klasik dan sejenisnya. Jangan pernah suruh saya Mozart, Beethoven, dll. Saya pasti eneg, berlanjut dengan ngantuk. Zzzz..

Saat saya berkesempatan mengunjungi Semarang pekan lalu, saya kembali mendengar tembang grup musik apik ini, yaitu Bengawan Solo. Wow, tembang pusaka! Bengawan Solo adalah tembang pusaka karya Almarhum Mbah Gesang yang sangat saya suka :D

Dan saat itu, saya mendengar tembang pusaka tersebut tempatnya justru di sebuah perguruan tinggi, dalam suatu acara resmi berupa seminar bertemakan pelestarian pusaka. Sungguh saya senang luar biasa, haha (lebay amat saya). Mungkin terhanyut oleh suasana. Lucunya, saat itu saya tiba-tiba seperti sedang berada di dalam sebuah kedai makan jadul sambil ngeteh tubruk :v

Konteks musik saat ini memang cenderung dipengaruhi oleh budaya pop: lagu-lagu yang cepat terkenal, populer, melejit, lantas usang seiring perjalanan waktu. Saya suka juga lagu pop, tapi saya cuma nyari beat nya saja. Saya tidak menemukan keusangan di dalam tembang-tembang yang dibawakan oleh grup BJ. Mereka hanya membawakan lagu-lagu lama, di-retouch dengan gaya musik modern, hasilnya jadi bagus. Dasar lagunya sudah bagus, dibawakan dengan cara yang bagus pula, hahaha. Usang, tapi berkelas. Saya punya teman yang lebih lawas dalam hal lagu. Dia lebih suka lagu yang ngehits pada era orangtua saya, bhahaha..

Konyolnya, selama di Semarang, dalam benak saya ini selalu berdengung-dengun lagu-lagu BJ. Hahahaha..lebhuay.. Entah kenapa dalam pikiran saya tuing-tuing muncul konektivitas antara bangunan-bangunan tua di Semarang, makanannya yang enak-enak, kenangan masa lalu (*eh) dengan iringan tembang pusaka BJ.

#np - Gambang Semarang




Tidak ada komentar :