expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 18 Oktober 2015

Saat Lanskap Bicara (2)


Lantai 6 Gedung Andi Hakim Nasoetion (Gedung Rektorat) IPB adalah spot terbaik untuk menikmati lanskap Gunung Salak. Gunung yang menjadi lambang Kota Bogor ini sebenanrnya secara administratif masuk ke dalam wilayah perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Sukabumi. Naik saja lift atau tangga ke lantai 6 saat cuaca sedang cerah. Sekedar memanjakan mata, tak ada salahnya.

Hampir tujuh tahun yang lalu saya tidak pernah ke lantai ini. Terakhir kali, saya menikmati pemandangan gunung ini bersama beberapa teman saya. Teman-teman saya kini telah kemana-mana. Mungkin lantai 6 ini menjadi salah satu vantage point memori indah saya. Meskipun Gunung Salak saat saya ambil gambar tidak begitu cerah, masih cukup terlihat suguhan keindahan yang membuat saya lupa sejenak akan kemacetan Darmaga yang semakin menjadi-jadi. Don't blame the traffic, we are the traffic.



Kampus ini layaknya benteng terakhir. Rumah, bagi sekian banyak tegakan pohon serta satwa liar yang ada di kawasan Darmaga. Kawasan Darmaga semakin berubah sekarang-sekarang ini. Ruang-ruang hijau perlahan menghilang seiring banyaknya manusia yang bertambah.

Banyak yang memanfaatkan kawasan kampus untuk berolahraga: pagi, siang, sore, bahkan malam. Rasa memang tidak pernah bohong. Rasa nyaman yang tidak mungkin digantikan dengan dinginnya hembusan penyejuk udara. Di kampus ini, masih ada tersisa kesegaran suasana lingkungan yang asri untuk dinikmati. Masih ada arboretum, taman rektorat, taman segitiga, kebun percobaan Cikabayan, hutan belakang asrama, jejeran pepohonan.. Meski panas menyengat,setidaknya tak begitu banyak asap kendaraan dan rentetan klakson kendaraan menyergap di kampus ini.



Saya senang dengan kampus ini. Bagaimanapun juga, saya disuguhkan dengan suasana lingkungan yang masih alami. Misalkan saat saya lulus nanti, dan saya harus bekerja di tengah-tengah kota, saya akan merindukan segalanya. Yang menyenangkan maupun tidak. Pasti.

Tidak ada komentar :