expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 20 Juli 2017

(Lupa diri) lulusan Arsitektur Lanskap


Mahakarya gw yang bisa dibilang "hmmm apa nih.." dan mengernyitkan dahi banyak orang. Ceritanya mau buat CPG a.k.a. Children Playground tapi jadinya kaya dus-dus numpuk :P
Makin kesini gw makin bingung siapa diri gw ini sebenarnya. Mungkin gw nulis ini karena gw disaat dalam tekanan deadline proyekan yang sebenernya benefit banget tapi gw sadar kapasitas diri gw yang so so.

So what?

Itulah yang jadi pertanyaan dari diri gw. Gw kan lulusan jurusan arsitektur lanskap (ARL), dari kampus ternama di kota hujan sana, yang katanya termasuk favorit, terbaik di asia, (agak) langka, dan ternyata bidang pekerjaannya juga sebenernya prospektif namun masih abu-abu.. tapi, begini ini lulusannya. Agak sedih sebenernya. Ada banyak hal di dalam ilmu ARL yang bagus-bagus namun tidak terejawantahkan dalam kehidupan gw.

Sekarang liat deh, apa sih kualifikasi lulusan ARL idaman pangsa pasar Indonesia? Bisa CAD, bisa SketchUp, Photoshop, LUMION (wtf ini software ga bisa gw pasang di leptop jebot gw). Pengetahuan basic lulusan ARL? Bisa mendesain tu wajib, tahu tanaman lanskap okay, bisa remote sensing kalo survei lapang itu good, bisa buat apa lagi hayo.. hahaha *ketawa gila

I don't mean to blame my previous institution. Dunia kerja memang beda sama dunia perkuliahan. Tapi mengapa gw merasa gw kaya lulusan abal-abal yang cuma tahu teori tapi nggak jago mendesaiiinnn... 

Gw hampir lupa diri kalo gw adalah lulusan Arsitektur Lanskap.

Dan sering gw merasa gw bukan apa-apa, bukan siapa-siapa, dan nggak jadi apa-apa.. hmm..

Dunia kerja dan dunia perkuliahan bedanya beda pake banget banget. Materi perkuliahan memang dibuat untuk mahasiswa siap kerja meskipun kenyataannya kebanyakan materi juga kebanyakan tidak masuk ke dalam kepala.

Bagaimanapun, dengan status gw yang gw rasa berat banget ini (lajang, eh, dosen.. *gie lo pram lo tu dosennn) gw pengen mahasiswa gw bisa lebih jago dari gw. Masalahnya gw ga jago gini-ginian. Pengen deh kuliah khusus ngedesain pake software segala rupa itu biar gw ciamik dan bisa lancar tutorial ke anak-anak mahasiswa.

Dalam kondisi gw yang dikasi kerjaan untuk mendesain sebuah mahakarya pretisius di sebuah kota penyangga Jakarta ini, gw merasa nothing banget pake to do dah. My skill? I can't help it lah.

Being a lecture is really really not an easy task!


Tidak ada komentar :