expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 31 Desember 2014

Naik Argo Parahyangan ke Bandung

Siapa yang tak kenal Bandung? Kota yang berjuluk Parijs van Java ini memang kota yang seksi. Selalu saja ada alasan orang untuk berwisata ke kota ini. Entah mau menikmati keindahan alamnya, mau belanja, mau makan, macem-macem tujuannya. Ke Bandung nggak hanya bisa dicapai dengan jalan darat Tol Cipularang lho. Cobalah naik kereta api Argo Parahyangan. Kereta api ini beroperasi 8x sehari Jakarta - Bandung. Kau bisa one day trip pula: datang pagi pulang sore, hehehe. Lumayan kan, kau sudah berperan serta dalam melakukan tindakan ekologis dengan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

Lanskap Pertanian yang bisa kau nikmati selama perjalanan menuju Bandung. Petak-petak sawah layaknya mozaik, terhampar indah :)


Ini bukan lokasi syuting Harry Potter :D Betapa tingginya ini jembatan..


Jalur kereta api Jakarta - Bandung ini menurut saya memang keren. Semenjak memasuki wilayah Purwakarta, kereta akan mulai mengalami pendakian. Lanskap setelah Stasiun Cikampek cenderung berbukit-bukit. Begitu seterusnya sampai nanti tiba di stasiun Cimahi. Saran saya sih ambil bangku kereta berkode C-D ya (sisi kanan arah Bandung). Kau bisa menikmati pemandangan pegunungan, persawahan, tol Cipularang, seru banget dah :D

Bangsa kita perlu berterima kasih juga kepada Belanda yang telah memperkenalkan jenis tranportasi massal ini. Bayangkan, jalur kereta api ini menurut saya ekstrem. Ada banyak konstruksi jembatan, membelah perbukitan, melewati jurang, dan terowongan. Yeah, terowongan. Panjangnya sekitar 900 meter! (Nggak kebayang berapa lama terowongannya digali...) Belanda memang mereka bangsa penjajah, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa mereka juga telah berjasa memperkenalkan kereta api. Saat itu, penduduk pribumi tentu saja belum memiliki teknologi perkeretaapian seperti ini. 

Jalur kereta api ini menurut saya adalah benda pusaka yang harus dilestarikan. Udah dibuat dari tahun 1800-an akhir. Sambil menikmati perjalanan, saya berpikir betapa niatnya Belanda membangun jalur kereta api ini menuju Bandung. Dari internat, saya mendapatkan informasi bahwa pada zaman penjajahan kawasan Bandung adalah sentra pertanian dan perkebunan sehingga perlu transportasi kereta api untuk memudahkan mobilitas menuju Batavia (Jakarta). Dan sekarang, kita masih bisa menikmati jalur kereta api legendaris ini..

Harga tiket kereta api Argo Parahyangan yang saya dapat ini Rp 100.000,-. Setara dengan kualitas pelayanan kereta, nyaman pula, dan sajian pemandangan yang memesona mata. Jadi, rencanakan perjalanan wisatamu ke Bandung naik Argo Parahyangan. Selamat berlibur :D

Tidak ada komentar :